Kami, Nelayan, Penyu dan Benih Mangrove yang Lestari

Pantai Samas, 29 April 2018. Beberapa Sahabat Samudera dari komunitas reiSPIRASI melakukan kegiatan berkemah di Pantai Samas, bahasa masa Sekolah Dasar nya Perkemahan Sabtu Minggu (Persami).

Pukul 09.00 WIB, kami mendengar ada penyu yang terjerat jaring nelayan, namun apa yang membuat kami takjub adalah kesadaran para nelayan untuk membebaskan penyu yang terjerat jaring tersebut. Tak ada maksud untuk menyakiti, tidak ada maksud untuk mengeksploitasi, para nelayan tersebut melepaskan penyu ke pasir pantai Samas dan mempersilahkan penyu untuk kembali ke habitatnya.

 

Kesadaran para nelayan untuk melepaskan penyu kembali ke habitatnya ini sungguh membahagiakan kami. Memberikan semangat kepada kami bahwa masih ada harapan untuk sebuah kelestarian seekor penyu.

 

Kebahagiaan kami tidak berhenti pada seekor penyu yang dapat melanjutkan kelestariannya. Benih-benih tanaman mangrove yang kami tanam beberapa bulan yang lalu juga mulai bertumbuh.

Terima kasih alam karena memberi kehidupan, semoga kami yang sudah diberi kehidupan ini mampu meneruskan memberikan kehidupan kepada semua makhluk hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s